Skip to main content

8 Rekomendasi Tempat Pecel Enak di Madiun, Citarasa Tidak Main-main

Yuniqness - Madiun merupakan kota kecil di Jawa Timur yang kondang dengan pecelnya. Meski banyak kota lain memiliki jenis kuliner yang sama, namun pecel dari Madiun memiliki citarasa berbeda. Tidak salah banyak orang selalu menjadikan pecel sebagai santapan saat datang ke Kota Gadis, baik itu untuk sarapan, makan siang, atau malam.

Sebagai pusatnya pecel, banyak sekali tempat yang menawarkannya. Tentu saja citarasanya berbeda-beda. Buat kamu yang berencana jelajah Madiun, berikut ini 8 rekomendasi tempat pecel yang enak dan mantap.

1. Pecel Pojok


Instagram/hobimakanenak

Pecel Pojok merupakan salah satu tempat yang sudah kondang menawarkan sajian yang rasanya tidak main-main. Bahkan tempat ini sudah masuk ke jajaran legendaris karena sudah mulai beroperasi sejak lama, tepatnya pada tanggal 5 Agustus 1967. Sampai sekarang ini, tempatnya menjadi salah satu yang difavoritkan banyak orang.

Salah satu rahasia yang membuat pecel ini tetap kondang hingga sekarang karena rasanya yang tidak berubah. Dari awal berdiri hingga sekarang resep yang digunakan tetap sama. Semenara itu, dinamakan Pecel Pojok karena sesuai dengan lokasinya yang berada di pojokan. Tepatnya antara jl. Cokroaminoto dan jl. Ringin yang berada di samping SDK Santa Maria.  

Dalam satu porsi pecel biasanya akan ada nasi putih beserta dengan berbagai sayuran hijau. Antara lain daun bayam, tauge, daun turi, daun kenikir, ditambah dengan cacahan mentimun lalu disiram dengan sambal. Untuk menambah kesegaran, biasanya ditambah dengan daun kemangi dan petai cina. Tak lupa ada taburan serundeng dan lempeng puli. Menggiurkan sekali ya?

Jika merasa kurang lauk, ada banyak pilihan yang yang bisa dicoba. Mulai dari ati ampela, lele goreng, otak sapi, limpa, babat, lidah sapi,perkedel, dan masih banyak lainnya. Selain pecel, ada nasi bali atau rawon yang bisa dicicip. Datanglah bersama keluarga, dijamin akan tergila-gila dengan rasanya.

Alamat :  Jl. HOS Cokroaminoto No. 121, Madiun, Jawa Timur.
Jam operasional : Pagi mulai 07:00-11:00 siang dan Sore 17:00 - 23:00 WIB.
Harga : Mulai 10 Ribu (pecel tambah lauk telur)

2. Nasi Pecel Yu Gembrot


Instagram/jogjakakilima
 
Memang banyak rekomendasi tempat pecel yang enak di Madiun. Selanjutnya ada Nasi Pecel Yu Gembrot yang juga telah ada sejak tahun 1942 yang lalu. Tempat ini dirintis oleh Sarinem yang kemudian diteruskan oleh anaknya yang bernama Kartini. Dan dialah yang membuat nasinya jadi populer.

Nama Yu Gembrot sendiri ternyata merupakan panggilan Kartini sejak usia belia. Dan nama itulah yang membawa rezeki kepada keturunan-keturunannya. Biasanya, dalam satu porsi nasi pecel akan ada nasi putih dilengkapi dengan sayur mayur yang ditambah dengan lauk sesuai selera. Cita rasa pecel di sini perpaduan gurih dan juga peda.

Tempat ini sudah kondang seantero negeri. Para pejabat dan bahkan Presiden Jokowi sudah pernah mencobanya sendiri. Cabangnya pun tidak hanya ada di Madiun saja, namun juga sudah tersebar di Jogja dan Malang.

Alamatnya Madiun : Pasar Besir, tepatnya di Jl. Imam Bonjol
Buka : 06:30 - 20:00 WIB.
Harga :  Rp12.000 satu porsinya.
 
Alamat di Jogja : Tambakan, Sinduhan, Ngaglik, Sleman
Buka : 07:00 – 18:00 WIB
Harga : 12.000 satu porsinya
 
Alamat di Malang : Jl. Sigura-gura Gang V, No. 23B
Alamat Surabaya : Jl. Soekarno yang disebut MERR atau Middle East Ring Road

3. Nasi Pecel Bu Mandung


Instagram/sam_kuliner

Nasi Pecel Bu Mandung juga menawarkan kuliner dengan rasa yang bikin ketagihan. Banyak orang mengidolakannya dan kembali berkali-kali untuk mencoba pecel dan beragam lauk-pauknya. 

Salah satu keunggulan tempat ini adalah menyediakan beragam sayur mayur yang sangat komplit. Mulai dari bayam, daun turi, daun pepaya, krai, taoge, dan masih banyak lagi lainnya. Dipadu dengan sambal kacang yang memiliki citarasa istimewa. Perpaduan antara pedas, manis, dan juga gurih. 

Pilihan lauknya juga banyak sekali dilengkapi dengan aneka renyah-renyahan seperti kerupuk dan juga peyek. Satu lagi kelebihan yang ditawarkan, harganya begitu murah meriah. Sudah enak, lauknya lengkap dan murah, perpaduan yang membuat banyak orang tergila-gila.

Alamat : Jl. Cokroaminoto No. 11, Kejuron, Taman (depan SD Santa Maria)
Buka : 18:00 WIB hingga dini hari
Harga : Rp 7000, belum tambah lauk

4. Nasi Pecel Sri Tanjung


Instagram/n4nto

Masih di areal jl. Cokroaminoto, ada pecel lainnya yang tidak kalah kondang dan enak, yakni Nasi Pecel Sri Tanjung. Tempatnya memang sederhana, namun antreannya seringkali sudah mengular. Meski begitu, tidak akan kecewa setelah menyantap pecel nikmatnya. Pelayanannya cukup cepat dan penjualnya juga ramah-ramah, sehingga tidak ada yang membuat kecewa.

Menu pecel di sini kurang lebih sama dengan tempat sebelum-sebelumnya. Memadukan nasi dengan sayur mayur rebus kemudian disiram dengan sambal kacang. Selain pecel, ada rawon dan juga soto yang bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh. Pilihan lauk beragam, ada sate-satean, mulai dari uritan, jeroan sapi, dan lain-lain.

Alamat : Jl. Cokroaminoto, Kejuron, Taman, Madiun (depan dealer Yamaha) 
Buka : 17:00 WIB hingga tengah malam
Harga : Rp. 10.000

5. Depot Nasi Pecel 99


Instagram/prietraveller

Pilihan lainnya yang kondang di Madiun adalah Depot Nasi Pecel 99. Saat masuk ke dalamnya, kamu akan disuguhkan pemandangan berupa foto-foto pejabat dan para petinggi yang pernah bertandang  ke tempat ini lho. Ada foto mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga. Nah, tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1987 dan masih eksis hingga saat ini.

Satu porsi pecel akan disajikan dengan menggunakan daun pisang, jadi rasanya akan lebih enak. Selain pecel, ada pilihan menu lainnya yang bisa kamu rasakan. Ada garang asem, rawon, dan juga ayam penyet. Meski menu beragam, tapi yang nasi pecel tetap idola banyak orang. Rasanya otentik, tidak pernah berubah, dan racikannya pas.

Alamat : Jl. Cokroaminoto, Kejuron, Taman, Madiun
Buka : 07:00 – 20:00 WIB
Harga : Rp. 12.000, belum lauk

6. Nasi Pecel Bu Wo


Instagram/cimpluksukamakan

Depot Nasi Pecel Mirasa atau yang lebih akrab disebut dengan Nasi Pecel Bu Wo juga merupakan tempat yang cukup legendaris. Ternyata, awalnya Bu Wo menjajakan nasi pecelnya dengan berjualan secara keliling. Namun sekarang sudah memiliki tempat yang permanen. Meski lokasinya sederhana, namun pelanggannya berdatangan.

Bukan di piring, nasi pecel di tempat ini disajikan dengan menggunakan pincuk daun pisang. Terkesan tradisional dan rasanya memang medok. Satu porsinya akan ada nasi serta berbagai rebusan sayuran dipadu dengan sambal kacang. Pilihan sambalnya hanya ada satu, pedas sedang. Biasanya ditambah dengan peyek ikan atau lauk lainnya.

Citarasa yang ditawarkan pecel di sini adalah cenderung gurih dengan porsi yang cukup besar. Jadi cukup mengisi perut jika kamu sedang kelaparan. Selain pecel ada rawon, soto, lodeh, dan nasi campur.

Alamat : Jl. Letjen. Jend. S. Parman, Oro-oro Ombo, Madiun
Buka : 24 jam
Harga : di bawah Rp20.000

7. Nasi Pecel Bu Wirkabul


Foto: Instagram/rudydennismeyer

Menyuguhkan lauk pecel yang sangat lengkap, Nasi Pecel Bu Wirkabul ini pantas jadi jujukan banyak orang. Nasi hangat dipadu dengan sayur mayur yang disiram sambal. Ditambah dengan kemangi dan kering tempe, benar-benar membuat rasanya tidak terlupakan.

Citarasa pedas yang otentik yang dibungkus dengan daun pincuk yang terbuat dari pasang membuat suapan makin lahap. Kamu yang suka makanan pedas, bisa datang ke tempat ini ya. Harganya juga sangat bersahabat dengan kantong. Jadi kamu tidak akan tekor meski mengambil banyak lauk.

Bagi yang ingin membawa oleh-oleh juga tersedia. Mulai dari sambel pecel, lempeng, keripik paru, usus, ceker, tempe, madumongso, brem, dan lain-lain.

Alamat : Jl.Cokroaminoto No. 115, Kejuron, Madiun
Buka : pagi mulai 08:30-15.00 WIB dan sore 16:30-23:00 WIB
Harga : Rp. 8000, belum lauk.

8. Warung Pecel Yu Dharmi


Foto: Instagram/huenii

Tempat lainnya yang bisa untuk dikunjungi adalah Warung Pecel Yu Dharmi yang juga menyuguhkan citarasa otentik khas Madiun. Tempatnya memang tidak terlalu besar, tapi pembelinya berdatangan. Aneka sayur mayur untuk dikombinasikan dengan pecel ada di  tempat ini. Lauknya juga banyak, ada tusukan telur puyuh, empal, telur asin, aneka jeroan ayam, tempe goreng dan lain-lain.

Selain rasanya yang enak, harga di tempat ini benar-benar bikin geleng-geleng kepala. Tambah 3 kali pun kamu tidak akan merasa kemahalan. Maka dari itulah, coba pecel enak di tempat ini.

Alamat : Jl. Slamet Riyadi Madiun
Buka : 16:30 – tengah malam
Harga : Rp. 4.000, tanpa lauk

Itulah 8 tempat makan pecel enak di Madiun yang bisa kamu coba ya. Biasanya, kalau main-main ke Madiun, kamu mampir pecel yang mana? Jika belum ada yuk rekomendasikan, supaya semua orang bisa tahu ya. 

Comments

Popular posts from this blog

Mioo Mioo Gelato di Madiun, Citarasa Khas Italian dengan Tempat Super Nyaman

Source: Instagram/sam-kuliner Yuniqness - Sudah sekitar satu bulan setelah memutuskan pulang kampung ke Madiun, akhirnya aku keluar juga. Tentunya sudah melakukan isolasi mandiri lebih dari 15 hari ya. Aku dan temanku memutuskan untuk sekadar melipir dari kebosanan terus menerus di rumah selama pandemi corona. Nah, kami memutuskan untuk mencari tempat yang sekiranya bagus dan tidak terlalu ramai. Saat pertama kali lihat di ulasan Google, aku dan temanku mencari lokasi yang rating tinggi tapi juga cantik. Setelah beberapa waktu browsing-browsing di internet, akhirnya menemukan Mioo Mioo Gelato dengan nuansa vintage dengan warna cat hijau lembut. Simak terus pengalamanku hangout di tempat nongkrong satu ini. Alamat Mioo Mioo Gelato Suasana Mioo Mioo Gelato/Instagram.com Mio Mio Gelato lokasinya berada di pinggir jalan, tidak perlu masuk-masuk ke dalam gang. Alamat tepatnya berada di Jl. Sulawesi 2A, Madiun. Lokasinya berada satu tempat dengan Rumah Makan Ayam Goreng Kemangi. Jadi kala

Punya Anak (Website) Lagi Setelah Vakum Lama Rasanya Semelegakan Itu

Memiliki website lagi, meski gratisan, setelah lama vakum rasanya sungguh melegakan. Ya, tahun 2014 pernah memiliki sebuah website bernama Yoekaa.com yang sekarang sudah berubah jadi ( the-dolaners.blogspot.com ) namun kandas karena keegoisan mengejar deadline freelance. Rasa ingin memiliki website, sebut saja ‘anak’ makin menggebu-nggebu setelah resign dari kantor tercinta PT Traveling Media Network.  Selama kurang lebih 1 tahun 4 bulan bekerja sebagai Content Writer dan Account Editor di PT Traveling Media Network atau yang lebih familiar disebut dengan Travelingyuk rasanya nano nano. Ada banyak kisah bahagia, petualangan, debar-debar dengan atasan, tangisan, dan pengalaman yang mungkin tidak akan terlupakan sampai nanti. Meskipun dengan berbagai dramanya dan pilihan resign sebagai jalan keluar satu-satunya, kantor Travelingyuk menjadi one of the best memory in my life , ceileeh... Perihal hari-hari setelah resign dari kantor yang sangat dicintai, mungkin lain kali saja diceri